Latar Bekalang Masalah

LATAR BELAKANG

Ekonomi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara di dunia internasional. Contohnya Amerika, sebuah negara superpower yang mata uangnya dijadikan patokan perekonomian dunia intenasional. Karena hal ini, maka jarang sekali ditemukan penduduk miskin di negara tersebut. Begitu pula halnya dengan negara-negara di Eropa. Pemberlakuan sistem satu mata uang yaitu Euro di hampir seluruh negara Eropa membuat negara-negara di Eropa sangat maju dalam bidang ekonomi, sehingga sangat banyak penduduknya yang hidup sejahtera.

Selain ekonomi, politik juga tidak kalah pentingnya dalam kemajuan suatu negara di dunia internasional. Contohnya adalah negara Amerika dan negara-negara di Benua Eropa yang memiliki sistem politik yang sangat baik. Pemerintahnya jujur dan hukumnya berjalan dengan lancar, sehingga rakyat-rakyatnya bisa hidup dengan aman, sejahtera, dan makmur.

Setiap negara memiliki sistem ekonomi dan politik yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Indonesia sudah mengalami dua sistem demokrasi yang berbeda, dan tentunya memiliki sistem ekonomi dan politik yang berbeda pula. Yang pertama adalah demokrasi parlementer. Demokrasi parlementer adalah suatu demokrasi yang menempatkan kedudukan badan legislatif lebih tinggi dari pada badan eksekutif (Anton, 2010). Yang kedua adalah demokrasi terpimpin. Demokrasi terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi dimana seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara (Risky, 2010).

Setiap sistem demokrasi yang dianut suatu negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis ingin mencoba membedakan sistem demokrasi parlementer dan demokrasi temimpin yang dianut oleh Indonesia dalam segi ekonomi dan politik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s